headline news

Popular Posts

Cara Uninstall Program di Komputer (Panduan Lengkap)

Terlalu banyak program yang terinstall akan menyebabkan komputer jadi lambat. Oleh karena itu, Anda perlu meng-uninstall program-program yang tidak penting atau tidak terpakai. Berikut ini adalah cara uninstall program di komputer Anda.

Cara uninstall program dengan uninstaller bawaan
Cara ini adalah cara yang paling mudah. Anda hanya perlu mencari uninstaller pada Start Menu dan klik. Ikuti langkah-langkahnya, dan beres. Misalnya, Anda ingin meng-uninstall Internet Download Manager. Maka yang harus Anda llakukan adalah:
  • Klik tombol Start. Pilih “All Programs”
  • Cari folder Internet Download Manager dan klik.
  • Akan terbuka isi dari folder tersebut. Klik “Uninstall IDM”
cara uninstall program lewat start menu
Gambar 2. Akses Uninstaller dari Start Menu
  • Ikuti langkah-langkah uninstall yang ada.
  • Kebanyakan proses uninstall dengan cara ini dapat dilakukan dengan terus klik “Next” pada jendela uninstall. Anda tidak perlu utak atik apa pun. Cukup klik “Next”, “Next”, “Next”, dst… dan terakhir “Finish” atau “Close”.

Cara uninstall program dengan Control Panel

Cara uninstall ini agak sedikit lebih “repot” dibanding cara pertama. Tapi kelebihannya adalah Anda dapat melihat daftar program yang terinstall, detail kapan program tersebut diinstall, besar ruang hard disk yang digunakan, dan versi program. Berikut caranya:
  • Tekan tombol windows dan huruf R. Akan muncul jendela “Run”.
  • Ketik “control panel” lalu tekan Enter
akses control panel dari jendela run
Gambar 3. Akses Control Panel dari Jendela Run
  • Klik “Uninstall Program”. (Lihat Gambar 4. Saya beri panah merah)
jendela utama control panel
Gambar 4. Tampilan Utama Control Panel
  • Akan muncul daftar program yang terinstall (Gambar 5, lihat kotak merah).
cara uninstall program lewat control panel
Gambar 5. Double Click program mana yang ingin Anda uninstall
  • Double click program mana yang hendak Anda uninstall.
  • Ikuti langkah-langkah uninstallnya. Sama seperti cara pertama, Anda cukup klik “Next” dan “Next”.

Cara uninstall program dengan aplikasi pihak ketiga

Cara ini adalah cara yang paling rumit. Tapi tenang saja, Anda pasti bisa melakukannya. :) Meskipun rumit, program yang diuninstall dengan cara ini akan benar-benar bersih tidak tersisa di komputer Anda. Tidak seperti dua cara di atas yang akan meninggalkan sisa-sisa file tertentu.
Selain itu, dengan cara ini Anda juga dapat melihat detail program seperti pada cara kedua. Dan satu lagi keunggulannya, cara ini dapat meng-uninstall program bandel yang tidak mau diuninstall dengan cara biasa.
Ada banyak pilihan aplikasi uninstaller yang tersedia. Di sini saya mencontohkan cara uninstall program dengan Revo Uninstaller. Pastikan Anda telah mendownload dan menginstall Revo Uninstaller. Berikut langkah-langkahnya.
  • Jalankan Revo Uninstaller
  • Pada jendela utama (Gambar 6), Anda akan menjumpai daftar program yang terinstall di komputer. (Lihat kotak merah). Double click pada program yang ingin Anda uninstall.
tampilan utama revo uninstaller
Gambar 6. Double click program yang ingin Anda uninstall
  • Setelah double click, Revo akan menjalankan proses uninstall awal. Jangan lupa untuk klik “Advanced” pada “Scanning modes”. (Lihat Gambar 7, tanda panah merah)
uninstall program dengan revo uninstaller
Gambar 7. Proses awal Revo Uninstaller. Jangan lupa pilih Scanning mode “Advanced”
  • Berikutnya akan muncul proses uninstall default. Ikuti saja. Seperti sebelumnya, cukup klik next, next, next,…. dan finish atau close
  • Setelah proses uninstall selesai, klik tombol “Scan” [yang kini berwarna kuning] di sebelah tombol “Cancel” (lihat Gambar 7). Biarkan Revo melakukan scanning file-file sisa program tersebut.
uninstall program dengan revo uninstaller
Gambar 8. Hanya centang yang dicetak tebal!
  • Jika terdapat registry entry yang harus dibersihkan, maka akan muncul jendela seperti Gambar 8. Pada jendela tersebut, hanya centang bagian yang dicetak tebal, dan klik “Delete”. Jika Anda salah centang, kemungkinan akan ada registry entry penting yang terhapus. Efeknya? Mungkin akan ada gangguan pada komputer. Entah itu yang terasa atau yang tidak. Setelah menghapus registry entry, klik “Next”
uninstall program dengan revo uninstaller
Gambar 9. Centang semua dan klik “Delete”.
  • Jika tidak ada registry entry yang harus dibersihkan, atau setelah selesai membersihkan registry, maka akan muncul jendela seperti Gambar 9. Pada jendela ini, berilah centang pada semuanya dan klik “Delete”. Langkah ini berfungsi untuk menghapus semua folder-folder yang dibuat oleh program tersebut.
  • Klik “Finish”. Proses uninstall selesai.

Mana cara uninstall yang paling baik?

Saya pribadi lebih suka cara ketiga. Alasannya, saya tidak mau meninggalkan sisa-sisa file. Saya ingin komputer saya bersih dari file-file sampah tersebut.
Apabila ketiga cara tersebut dibandingkan, mungkin akan terlihat seperti pada infografik berikut ini.
info grafik cara uninstall program
Gambar 10. Perbandingan Cara Uninstall Program (Klik untuk memperbesar)
Demikianlah panduan cara uninstall program yang dapat saya bagikan. Anda punya pendapat lain atau punya pertanyaan tentang cara uninstall program di komputer?

sumber : kompinia.com
HTML Comment Box is loading comments...